Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data - Belajar Microsoft Office Excel

Latest

Social Media Icons

BANNER 728X90

Rabu, 17 Mei 2017

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

MENGATUR TOOLBAR DAN RIBBON
Quick Acces Toolbar
Seperti halnya aplikasi Office yang lain, Excel juga mempunyai fasilitas Quick Access Toolbar. Fungsinya untuk memudahkan Anda lebih cepat mengoperasikan Excel dalam hal ini Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data. Yang pertama-tama Anda dapat menambahkan tombol perintah yang sering Anda gunakan ke dalamnya seperti tombol perintah Save, Print Preview, Open dan yang lainnya. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan yaitu :
➤Klik tombol panah bawah pada Quick Access Toolbar lalu pilih tombol perintah yang diinginkan, atau pilih More Commands untuk tombol perintah lainnya.


Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data
 ➤Klik kanan pada tombol perintah yang diinginkan lalu pilih Add to Quick Access
Toolbar.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data
➤Klik kanan pada ruang kosong Ribbon lalu pilih Costumize Quick Access Toolbar

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

➤Pada tab Costumize di Excel Option, di List Box Choose command from pilih sesuai
kategori dan pilih tombol perintah yang diinginkan di command list, setelah itu klik
Add dan OK.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

MENGATUR RIBBON 
Anda dapat mengakses ribbon dengan cepat dan mudah. Ada 2 media yang dapat digunakan, yaitu melalui :
Mouse
Dengan cara mengarahkan kursor pada ribbon lalu geser ke atas atau ke bawah scroller pada mouse Anda untuk berpindah ke tiap ribbon.
➤Keyboard
Dengan cara tekan tombol Alt namun pastikan Excel tidak sedang dalam mode edit. Setelah itu pada tiap Ribbon dan Toolbar akan muncul shortcut key berupa huruf. Untuk mengaksesnya, Anda cukup menekan tombol huruf sesuai dengan yang ada pada tombol perintah atau judul ribbon.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

Selain itu, jika Anda ingin memperkecil tampilan Ribbon, Anda dapat melakukan cara berikut : Klik kanan pada judul Ribbon, lalu pilih Minimize the Ribbon.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

Ketika ribbon dalam mode ini, isi ribbon akan ditampilkan jika judul ribbon di klik. Untuk menampilkan Ribbon kembali seperti semula, klik kanan pada judul Ribbon, lalu hilangkan ceklis pada Minimize Ribbon.

Menjepit Workbook Mru pada Recent Document
➤Pada Excel 2007, Anda dapat melihat list workbook MRU (Most Recently Used) pada Recent Document di Office Button, sehingga untuk workbook yang sering digunakan Anda tak perlu membukanya dengan mencari lokasi workbook tersebut terlebih dahulu. Workbook MRU ini pun dapat Anda jepit atau pin agar tetap berada di List Recent Document yaitu dengan cara klik icon pin sehingga icon tersebut berubah menjadi warna hijau. Untuk melepasnya cukup meng-klik nya kembali.

➤Secara default workbook MRU yang ditampilkan maksimal hanya empat workbook terakhir yang digunakan, untuk mengubah jumlah workbook yang ditampilkan dapat dilakukan dengan cara :
Klik Office Button > Excel Option > Advanced.
Pada kotak isian Spin Button Show this number of Recent Document : di kategori
Display, masukkan berapa jumlah workbook yang ingin ditampilkan lalu klik OK.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

MENGATUR TAMPILAN DATA
Jika Anda bekerja dengan data yang kompleks, mungkin Anda akan merasa sulit dan repot untuk berpindah ke cell atau range yang jaraknya berjauhan atau bahkan berada di sheet yang berbeda. Untuk itu, Excel menyediakan berbagai fasilitas untuk keperluan bernavigasi antar Cell, Range, Sheet ataupun Workbook. Dalam pembahasan ini file yang digunakan adalah Bab1_Mengatur Tampilan Data.xlsx.

Zoom Slider
Dengan fasilitas Zoom Slider ini Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan workbook Anda sehingga bisa lebih jelas terlihat. Anda bebas mengatur seberapa besar presentase tampilan data. 

Cara cepat yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggeser tombol pengatur pembesaran atau Plus dan Min Button pada zoom slider yang berada pada status bar sebelah kanan.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

Di sebelah kiri zoom slider ini terdapat zoom level yang menunjukkan berapa besar persentase pembesaran dari workbook tersebut. Jika Zoom Level ini diklik maka akan muncul kotak dialog Zoom untuk pengaturan pembesaran lebih lanjut. Pilih Fit Selection untuk memperbesar tampilan dari range yang Anda sorot.Di sebelah kiri zoom slider ini terdapat zoom level yang menunjukkan berapa besar persentase pembesaran dari workbook tersebut. Jika Zoom Level ini diklik maka akan muncul kotak dialog Zoom untuk pengaturan pembesaran lebih lanjut. Pilih Fit Selection untuk memperbesar tampilan dari range yang Anda sorot.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data
Freeze Panes
Freeze Panes digunakan untuk membekukan area tertentu pada workbook Anda. Sehingga ketika Anda menggeser tampilan workbook maka area tersebut tidak ikut tergeser. Ada 2 kategori dalam freeze panes, yaitu membekukan secara vertikal dan horizontal. Cara menggunakannya yaitu :
➤Horizontal
Untuk membekukan secara horizontal atau baris, sorot baris dibawah baris data yang akan dibekukan.
➤Vertikal
Untuk membekukan secara vertikal atau kolom, sorot kolom disebelah kanan
kolom data yang akan dibekukan.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

Pada tab View kategori Window klik Freeze Panes lalu pilih Freeze Panes.

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data
➤Ketika Anda geser tampilan kebawah maka judul kolom tersebut tidak ikut bergeser.     
➤Untuk menonaktifkan Freeze Panes, pilih tab View kategori Window > Freeze Panes
> Unfreeze Panes.
Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data
Untuk membekukan secara vertikal lakukan hal serupa.

Split Windows
Split Windows digunakan untuk membagi workbook menjadi 2 atau 4 bagian yang mana ketika salah satu area tersebut digeser maka area lain tidak ikut tergeser. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
➤Tempatkan penunjuk Cell dimana tampilan workbook akan dibagi.
➤Pada tab View kategori Window klik Split, sehingga tampilan workbook menjadi seperti ini :

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data
Untuk menonaktifkan Split, pilih tab View kategori Window lalu klik Split.

View Side by Side
View Side by Side digunakan untuk menampilkan data yang berada pada Sheet atau workbook yang berbeda. Seperti namanya, workbook ditampilkan side by side dengan berbagai pilihan. Cara menggunakannya yaitu :
➤Pada tab View kategori Window, klik View Side by Side > Arrange All, sehingga muncul kotak dialog Arrange Windows. 
Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data
➤Pada kotak dialog tersebut ada beberapa pilihan, yaitu :
Tiled, menampilkan workbook berbentuk tile
Horizontal, menampilkan workbook secara horizontal
Vertikal, menampilkan workbook secara vertikal
Cascade, menampilkan workbook berbentuk lembaran
➤Sebagai contoh, pilih Tiled lalu klik OK sehingga tampilannya menjadi seperti ini :

Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data

Anda juga dapat menggeser tampilan workbook secara bersamaan, untuk menonaktifkan nya pilih tab View, pada kategori Window klik Synchronous Scrolling. Sedangkan untuk menonaktifkan fasilitas View Side by Side, klik kembali tombol perintah View Side by Side pada lokasi yang sama lalu klik Arrange All > Cascade > Checklist Windows of active workbook > OK. 
Demikianalah penjelasan tentang Mengatur Toolbar dan Ribbon serta Tampilan Data semoga dipahami dan dipraktekan secara sering untuk menambah wawasan program Microsoft Excel 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar