Memulai Excel dengan Cepat
Anda dapat menjalankan Excel dengan cepat tanpa perlu melakukan beberapa klik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu: Jika Anda menggunakan Windows 7 atau Vista, cukup dengan klik tombol Start, lalu pada kotak isian Search program and files ketikkan excel lalu tekan Enter.
➤Jika Anda menggunakan Windows XP, klik tombol Start lalu pilih Run, setelah itu ketikkan excel lalu klik OK atau tekan Enter.
➤Anda dapat menyematkan Excel pada Start Menu atau Taskbar, dengan cara klik tombol Start > All Program > Microsoft Office, lalu klik kanan pada Excel dan pilih Pin to Start Menu atau Pin to Taskbar. Ketika Anda ingin membukanya cukup klik
icon Excel pada Taskbar atau pada Menu Start.
Standart dan Format Negara
Pengolahan data Excel tidak luput dari nilai uang dan mata uang dan setiap negara mempunyai format yang berbeda – beda.
Sebagai contoh untuk format nilai uang negara Amerika, pemisah angka ribuan menggunakan tanda koma “,” dan di Indonesia menggunakan tanda titik “.”. Sehingga di Amerika untuk penulisan nilai tujuh ribu ditulis 7,000 sedangkan di Indonesia penulisan nilai 7,000 artinya 7. Ini akan menyebabkan kekacauan dalam analisis dan perhitungan data.
Oleh sebab itu, untuk menghindarinya, sebelum Anda bekerja dengan Excel sebaiknya Anda memilih standart dan format negara yang sesuai dengan data yang Anda kerjakan, dengan cara sebagai berikut :
➤Klik Start > Control Panel.
➤Pada jendela Control Panel klik Regional and Language sehingga muncul kotak dialog Regional and Language.
➤Pada tab Format dan list box Format, pilih format negara mana yang akan Anda gunakan.
Mengatur Konfigurasi Dasar
Pada aplikasi Excel, ada beberapa konfigurasi yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut :
➤Klik Office Button > Excel Option sehingga muncul kotak dialog Excel Option seperti berikut ini :
➤Pilih tab Popular, pada bagian ini dibagi menjadi 3 kategori yang mana Anda dapat mengatur tampilan Excel saat pertama digunakan.
Top Options for Working with Excel, diantaranya mengatur warna tampilan Excel dan ScreenTip.
When Creating New Workbooks, mengatur jenis dan ukuran font dan jumlah
sheet yang ditampilkan ketika workboook pertama kali dibuat.
Personalize Your Copy of Microsoft Office, mengatur nama Penulis dan jenis bahasa yang digunakan.
➤Pilih tab Save, pada bagian ini berhubungan dengan pengaturan peyimpanan data, yaitu :
Save Workbooks, mengatur seberapa sering fasilitas AutoRecover disimpan dan
lokasi peyimpanannya.
AutoRecover Exceptions for, berfungsi untuk menonaktifkan fasilitas
AutoRecover.
➤Pilih tab Customize, pada bagian ini mengatur Command Button pada Quick Acces
Toolbar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar