MENGATUR TAMPILAN DATA
Jika Anda bekerja dengan data yang kompleks, mungkin Anda akan merasa sulit dan
repot untuk berpindah ke cell atau range yang jaraknya berjauhan atau bahkan berada di sheet yang berbeda. Untuk itu, Excel menyediakan berbagai fasilitas untuk keperluan bernavigasi antar Cell, Range, Sheet ataupun Workbook. Dalam pembahasan ini file yang digunakan adalah Mengatur Tampilan Data.xlsx.
Zoom Slider
Dengan fasilitas Zoom Slider ini Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan workbook Anda sehingga bisa lebih jelas terlihat. Anda bebas mengatur seberapa besar presentase tampilan data.
Cara cepat yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggeser tombol pengatur pembesaran atau Plus dan Min Button pada zoom slider yang berada pada status bar sebelah kanan.
Di sebelah kiri zoom slider ini terdapat zoom level yang menunjukkan berapa besar persentase pembesaran dari workbook tersebut. Jika Zoom Level ini diklik maka akan muncul kotak dialog Zoom untuk pengaturan pembesaran lebih lanjut. Pilih Fit Selection untuk memperbesar tampilan dari range yang Anda sorot.
Freeze Panes
Freeze Panes digunakan untuk membekukan area tertentu pada workbook Anda. Sehingga ketika Anda menggeser tampilan workbook maka area tersebut tidak ikut tergeser. Ada 2 kategori dalam freeze panes, yaitu membekukan secara vertikal dan horizontal. Cara menggunakannya yaitu :
➤Horizontal
Untuk membekukan secara horizontal atau baris, sorot baris dibawah baris data yang akan dibekukan.
➤Vertikal
Untuk membekukan secara vertikal atau kolom, sorot kolom disebelah kanan
kolom data yang akan dibekukan
Pada tab View kategori Window klik Freeze Panes lalu pilih Freeze Panes.
Ketika Anda geser tampilan kebawah maka judul kolom tersebut tidak ikut bergeser. Untuk menonaktifkan Freeze Panes, pilih tab View kategori Window > Freeze Panes > Unfreeze Panes.
Untuk membekukan secara vertikal lakukan hal serupa.
Split Windows
Split Windows digunakan untuk membagi workbook menjadi 2 atau 4 bagian yang mana ketika salah satu area tersebut digeser maka area lain tidak ikut tergeser. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
➤Tempatkan penunjuk Cell dimana tampilan workbook akan dibagi.
➤Pada tab View kategori Window klik Split, sehingga tampilan workbook menjadi seperti ini :
View Side by Side
View Side by Side digunakan untuk menampilkan data yang berada pada Sheet atau workbook yang berbeda. Seperti namanya, workbook ditampilkan side by side dengan berbagai pilihan. Cara menggunakannya yaitu :
➤Pada tab View kategori Window, klik View Side by Side > Arrange All, sehingga muncul kotak dialog Arrange Windows.
Pada kotak dialog tersebut ada beberapa pilihan, yaitu :
Tiled, menampilkan workbook berbentuk tile
Horizontal, menampilkan workbook secara horizontal
Vertikal, menampilkan workbook secara vertikal
Cascade, menampilkan workbook berbentuk lembaran
Sebagai contoh, pilih Tiled lalu klik OK sehingga tampilannya menjadi seperti ini :
Anda juga dapat menggeser tampilan workbook secara bersamaan, untuk menonaktifkan nya pilih tab View, pada kategori Window klik Synchronous Scrolling. Sedangkan untuk menonaktifkan fasilitas View Side by Side, klik kembali tombol perintah View Side by Side pada lokasi yang sama lalu klik Arrange All > Cascade > Checklist Windows of active workbook > OK.
Jumat, 19 Mei 2017
New
MENGATUR TAMPILAN DATA
About Unknown
Templatesyard is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design. The main mission of templatesyard is to provide the best quality blogger templates.
dasar microsoft excel 2007
Label:
dasar microsoft excel 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar